hai may brad
my sist..
selamat
datang kembali, kali ini ane mau share transkrip micro teaching yang udah ane
tampilkan di matakuliah tsb.
perlu di
ingat, sebagai seorang guru yang baik, agan dan ganwati perlu pengalaman. kalo
isi transkrip ente keren karna cuma untuk nyenengin dosen yang baca, ente akan
kewalahan di saat praktek micingnya..
ane sebagai
seorang yang udah ngalamin ujian micing pada awalnya juga gugup. takut gak
sesuai transkrip yang ane buat dan akan kegugupan tersebut mengharuskan ane
maju ke ujian susulan, dan alhamdulillah lulus dengan predikat bisa maju ke
sesi PPL.
sebelum ke
transkrip yang ane buat. ane pengen bagi dulu tips-tips ujian micro teaching. INGAT!
ini cuma tips untuk ujian micro teaching.
tips-tips
cekibrot:
Sebelum Tampil
1.
RENCANA
ente harus susun rencana dulu, apaapa aja yg mau dilakuin. semacam rundown acara
gitu uakecil. kenapa harus ada notes.? Biar terarah dan ente gak
loncat2 kebawa suasana celetukan
ngehek yg ente ajarin.
2.
UPDATE
Tentu ada
isu atau berita yang sedang hangat saat ini. Ente siapin aja untuk mukadimah
bincang-bicang sebelum masuk ke materi. BASA BASI
3.
MATERI
ente harus kuasai
materi yang ditampilin. Bagus kalo bisa hapal. Tapi kalo gak bisa, ya pahami
aja, ntar di penampilan pake bahasa sendiri aja ngejelasinnya. Pokoknya PAHAM
MATERI yang ente bawa.agan juga bisa pake power point. ini sangat membantu kalo
kelupaan materi.
4. KERJASAMA
Ente ajak temen-temen mahasiswa
kelas ente untuk kerjasama, yah sekedar bagi-bagi tugas, siapa yang jawab ini
jawab itu. Ntar pertanyaan apa yg akan ditanyain. Biar suasana kelas terkesan
gak spontan.
Saat Tampil
1.
Sebelum tampil dan masuk kelas Masuk kelas. Ente harus rilex.
Gugup wajar, tapi jangan sampai kegugupan itu bikin ente blank.. RILEX..
2.
Masuk kelas ucapin salam. Melangkah
teggap santai ke meja guru yg disediain.
3.
Udah dimeja guru. Ente speak-speak
dikit, “perkenalan” “say hay” “apa kabar” “udah makan” “tolong rapikan meja”
“bersihkan papan tulis” “tolong pimpin do’a”
“siapa yang gak hadir” “absen” blabla
4.
Gak harus masuk ke materi langsung. Ente bincang-bincang terkait isu yang
sedang hot saat ini. Nah ente kaitkan ke materi, ente jelasin dulu ngapain
belajar ini, manfaatnya apa gitu.
5.
Nah mulailah eksekusi materi sesui dengan RPP agan. Bagi kelompok, analisis
video, analisis gambar. Presentasi kelompok.
6.
Dijeda waktu anak-anak ente nganalisis itu. Ente puterin meja nya sambil bantu
mreka.
7.
Jangan panik ketika mulai keluar dari rundown di rencana ente. Ente bisa narik
kembali ke benang merah rencana kok.
8.
Ketika ente pengen nanya siswanya, jangan ditunjuki pake telunjuk, atau pake
tangan kiri. Gak sopan. Ente sebutin nama orang yang pengen ditanya (orang yg
udah ente siapin di sesi kerja sama) atau orang lain boleh, tapi usahain cari
yang cakap sekiranya dia bisa ngejawab. Kasih waktu dia mikir.
9.
Dan ketika ente ditanya, dan manusia laknat ini nanya nya yang aneh-aneh.
Jangan panik. Ente jawab aja sepaham ente. Nanti di lempar ke siswa yg ente
ajarin. “tanya gimana pendapatnya”
10. Kalo
udah masuk menit-menit akhir, jangan lupa untuk ngasih quis skedar review
materi ke beberapa orang. Kalo sudah ente simpulin sesuai materi yg udah ente
bawa.
11. Ente
bikin komitmen dengan anak-anak ente. “Dengan materi ini maka kita harus
blablabla, jangan sampai blablabla. Janji semua?”
12. Ente
kasih tugas aja.
13. Tutup,
jangan lupa alhamdulillah
Sesudah Tampil
1.
Bersyukur
2.
Tanya kesalahan, atau kekurangan tadi ke temen biar bisa di perbaiki
1) persiapan pembelajaran
Guru : (guru memasuki kelas )
“AssalamuaikumWr. Wb”
Siswa :“Wa’alaikumsalamWr. Wb” (siswa menjawab dengan serempak).
Guru : selamat pagi anak-anak.
Siswa : selamat pagi pak.
Guru :
mejanya belum rapi, ayo rapikan dulu
agar nyaman dan enak dipandang. (kerapian
kelas)
Siswa :
siap pak!
Guru : bagaimana kabar kalian
hari ini? (suara bersemangat)
Siswa : Baik pak.
Guru : kalau keadaan kita baik dan sehat, maka harusnya kita mengucapkan apa anak-anak? Alhamdu (guru
bertanya secara singkat dengan gerakan badan dan mimik guru
yang ceria)
Siswa : alhamdulillah.... ( serempak )
Guru : hebat semuanya.
(guru tersenyum dan mengacungkan Jempol kearah semua anak ) Anak-anak sudah berdoa belum?
Siswa : belum Pak.
Guru : kalau begitu,
sebelum belajar kita berdo’a terlebih dahulu,
Siapa diantara
kalian yang bersedia memimpin do’a? (Do’a)
Siswa : Saya Pak. ( jawab Deno)
Guru : Baik, silakan Deno memimpin do’a. (
kemudian guru duduk )
(guru dan siswa berdo’a bersama-sama)
Guru : terimakasih Deno yang sudah bersedia memimpin doa. (guru mendekati Deno) Semoga dengan berdoa tadi, pembelajaran kita hari ini berjalan dengan baik.
Anak-anak siapa hari ini yang
tidak hadir? (Absen)
Siswa : hadir semua pak.!
Guru : Alhamdulillah, (guru tersenyum) siswa bapak lengkap semuanya.
kalian memang anak anak bapak yang rajin sama seperti bapak seusia kalian.
2) Pembuka
Guru : Kemaren bapak ikut nontong
bareng moto gp di warung dekat rumah. Sewaktu jalannya balap banyak yang teriak
hesteris mendukung jagoannya. Ketika
rossi jatuh di tikungan kesekian, penonton mulai adu analisis dan tidak banyak yg mengeluarkan
keritikan pedas. Begitu juga ketika lorrenzo jatuh di lap ke-5. Tapi ketika
balapan usai semuanya damai dan bercanda gurau seperti tidak terjadi apa-apa
sebelumnya. Dari itu bapak bisa bapak tanggapi bahwa orang-orang di sana bebas
mengeluarkan pendapatnya walaupun sedikit berselisih. Tetapi tetap menjunjung
tinggi kedamaian. Hahaha (Apersepsi)
Sekarang siapkan perlengkapan belajar
kalian. ( guru memberikan waktu untuk anak). Sudah?
Sisiwa : Sudah pak!
Guru : Siap untuk belajar! (dengan wajah ceria
dan suara yang lantang) (keterampilan variasi suara)
Siswa : Siap Pak! (serempak)
Guru :Baik…sekarang perhatikan Bapak ! ( pemusatan perhatian)
Materi kali iini adalah tentang
demokrasi, demokrasi menurut abraham lincoln demokrasi adalah pemerintahan dari
rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Dikelas ini, bagaimana proses pemilihan
perangkat kelas? Oh ya, ketua nya siapa.? (menjemput
pengalaman)
Siswa :
saya pak! (jawab maulana)
Guru :
bagaimana prosesnya.? Ditunjuk wali kelas voting atau rapat.?
Siswa :
awalnya rapat dipimpin wali kelas, karena tidak ada yang mau jadi Voting pak
Guru : nah itu merupakan pelaksanaan
dari demokrasi, yang awalnya kalian rapat atau kata lain musyawarah, mencari
dan menyesuaikan siapa yang layak menjadi ketua kelas. Tetapi karena beberapa
keterbatasan jadi dibentuk lah Voting.
Guru : tujuan dari materi
pembelajaran ini adalah agar kita dapat mengerti tentang konsep demokrasi dan
bagaimana penerapan demokrasi di kehidupan. (Tujuan pembelajaran)
2) Kegiatan
inti
Guru : nah anak-anak, bapak memiliki video. (keterampilan memberikan acuan). Coba perhatikan! ( guru memutarkan video ).
Nah sekarang, dari video tersebut.
Bagaimana bentuk partisipasi masyarakat yang baik dalam demokrasi.?
(keterampilan bertanya dasar)
Siswa :Saya Pak....( jawab Sandra).
Guru : silakan Sandra....
Siswa : Baik Pak....
Guru : tolong kalian dengarkan baik-baik apa yang Sandra
katakan.
Siswa : siap pak ( jawab siswa serempak)
Guru :terimakasih Sandra karena sudah bersedia
menyampaikan pendapatnya. ( guru tersenyum kearah Sandra )
Guru : siapa lagi
yang dapat memberikan tanggapannya.? (keterampilan pemindahan giliran)
Guru : Coba Ina.
Siswa :
Guru : Ya betul
sekali Ina. (keterampilan penguatan verbal )
Kita telah mengetahui bahwa
demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
Kemudian, dikeluarga bagaimanakah bentuk demokrasi yang baik.? (keterampilan
bertanya dasar)
Siswa :
(diam)
Guru : apakah kita harus demo juga
dalam keluarga jika tidak mendapat hal yang diinginkan.? Atau merajuk di tepian
kamar sampai orang tua menanyakan.? Yap egi silahkan
Siswa : kalo saya biasanya ngobrol dulu
dg orang tua pak, basa basi. Terus keluarkan jurus lobi lobi tentang kelebihan
hal yang saya inginkan tersebut.
Guru : wah keren, ternyata egi hebat
juga dalam melobi ya
Bapak mempunyai
pengalaman, pengalaman ini dari teman bapak. Sewaktu seusia kalian dia
membutuhkan transportasi ke sekolah karena jarak dari rumah kesekolah cukup
jauh. Dia meminta dibelikan motor kepada orang tua nya. Segala teknik lobi
telah dikeluarkan. Tapi, orang tuanya memberi pilihan. Kalo memilih motor dia
tidak ikut liburan. Nah, pada akhirnya dia memilih untuk ikut liburan. Ternyata
liburan keluarganyaa itu ke kebun kakek mereka. Sedikit kecewa, tapi di akhir
liburan ternyata dia menjual hasil kebun itu dan membelikan beberapa hal yang
dia inginkan.
Sekarang, bapak akan membagikan kelompok untuk materi pembelajaran ini. Tolong yang sudah mendapat kelompok segera
merapat agar bapak dapat menerangkan materi masing masing kelompok. (Prosedur Pembelajaran)
Siswa : Baik pak...( keterampilan variasi kesenyapan)
-
Guru : Sudah selesai mengerjakannya anak-anak?
Siswa : Sudah pak....
Guru : kelompok
mana yang bersedia membacakan hasil diskusinya?( pemberian waktu berfikir)
Siswa : kami pak.... (jawab sri rahayu)
1) Penutup
Guru : Anak-anak tadi kita telah belajar tentang apa? (pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat) (sambil berjalan di
antara siswa) (
variasi pindah posisi)
Siswa : Tentang Demokrasi pak.
Guru : Iya, benar sekali (Sambil tersenyum) .
(penguatan mimic dan gerakan badan)
Nah, bapak mempunyai sebuah gambar
(memperlihatkan gambar dan menjelaskan kondisi gambar). (Tes Kecil)
Apa pendapat kalian tentang gambar
ini.? Iya silahkan joni
Siswa :
demokrasi itu milik semua kalangan pak.
Guru : mantap jon.
Dari pembelajaran ini, demokrasi itu adalah pemerintahan dari rakyat oleh
rakyat dan untuk rakyat, tetapi bukan hanya merupakan pemerintahan saja tetapi
juga tentang budaya, tingkah laku, bagaimana sikap kita untuk menjunjung tinggi
persatuan. (kesimpulan bersama)
Maka dari
itu, mari kita hormati pendapat orang lain dan jangan marah ketika ananda di
kritik. Karena kritik tersebutlah yang akan membangun kita kedepannya (Komitmen)
Nah, untuk tugas kalian.
Tolong kerjakan lks halaman sekian. (Tugas
untuk materi selanjutnya)
Karena waktu sudah habis bapak akhiri pelajaran kita hari ini. WassalamualaikunWr. Wb
Siswa : WaalaikumsalamWr. Wb.
dengan
skrip segitu ane bisa tampil 1 jam pelajran (45menit), ane ngulur waktunya
dengan bahas isu moto gp sama aksi damai 411, 212. ane tanya tanggapan mereka
atu2. bagi kelompok.
oke sekian,
nanti ane edit lagi.
semoga
barokah mabro n masist
0 Response to "TRANSKRIP MICRO TEACHING PPKN MATERI DEMOKASI DAN TIPS SUPER"
Post a Comment