8 Fakta Unik Masjid Raya Sumatera Barat Yang Harus Kamu Ketahui









 8 Fakta Unik Masjid Raya Sumatera Barat Yang Harus Kamu Ketahui


  Halo gan,
  Kali ini ane share informasi menarik dan harus agan ketahui tentang Masjid Raya Sumatera          Barat.

  Langsung aja:





   1. Masjid terbesar di Sumatera Barat
     Masjid  Raya Sumatera Barat adalah masjid terbesar di Sumatera Barat Masjid yang berada di tempat paling stategis, persis di jantung ibu kota. Tepatnya, di persimpangan antara Jalan Khatib Sulaiman dan Jalan KH Ahmad Dahlan, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.








    2. Arsitektur  modern khas  Minang.
     Arsitektur masjid ini mengikuti tipologi arsitektur Minangkabau dengan ciri bangunan berbentuk gonjong, jika dilihat dari atas, masjid ini memiliki 4 sudut lancip yang mirip dengan desain atap rumah gadang, hingga ukiran Minang dan kaligrafi pada dinding bagian eksterior masjid.






   3. Rancangan Rizal Muslimin.
     Arsitektur Masjid Raya Sumatera Barat memakai rancangan yanng dikerjakan oleh arsitek Rizal Muslimin, pemenang sayembara desain yang diikuti oleh 323 arsitek dari berbagai negara pada 2007. Dari ratusan peserta, 71 desain masuk sebagai nominasi dan diseleksi oleh tim juri yang diketuai oleh sastrawan Wisran Wahid.






   4. Tahan gempa hingga 10 SR.
     Konstruksi bangunan dirancang menyikapi kondisi geografis Sumatera Barat yang beberapa kali diguncang gempa berkekuatan besar. Sehingga dibangun dengan struktur dan desain konstruksi yang kuat, anti guncangan sehingga diharapkan aman dari guncangan gempa hingga 10 skala richter.
      Masjid Raya ini fungsinya tidak sebatas rumah ibadah. Bangunan yang berada tak jauh dari Pantai Padang itu dapat dijadikan sebagai shelter lokasi evakuasi tsunami dengan memanfaatkan lantai II dan lantai III masjid.





   
 

   5. Mulai dibangun 21 Desember 2007 dengan        perkiraan dana Rp507,82 miliar.
     Masjid ini masih dalam tahap konstruksi sejak peletakan batu pertama pada 21 Desember 2007. Pembangunan dikerjakan secara bertahap karena keterbatasan anggaran dari provinsi.

     Pengerjaan pembangunan masjid telah melewati beberapa tahap.
·         Tahap pertama untuk menyelesaikan struktur bangunan menghabiskan waktu dua tahun sejak dimulai pada awal tahun 2008.
·         Tahap kedua pada tahun 2010 dilanjutkan dengan pengerjaan ruang salat dan tempat wudu.
·         Tahap ketiga pada tahun 2011, meliputi pemasangan keramik lantai dan eksterior masjid.
·         Tahap keempat dimulai pada pertengahan 2012 untuk menyelesaikan ramp, teras terbuka yang melandai ke jalan.
·         Tahap kelima pada tahun 2014, meliputi pengerjaan interior kubah dan penyelesaian ramp yang diguanakan sebagai jalur evakuasi
·         Memasuki pertengahan 2016, penyelesaian fasad dan lantai masjid dilanjutkan.

     ketujuh tahap pertama pembangunan Masjid Raya Sumatera Barat telah menghabiskan anggaran Rp240,751 miliar. Dan sampai sekarang pembangunan masih terus dilanjutkan.







    6. Mampu menampung 20.000 Jamaah.
     Masjid tersebut mampu menampung sekitar 20.000 jamaah. Dengan rincian,
·         lantai dasar masjid menampung 15.000 jemaah;
·         lantai II dan III sekitar 5.000 jamaah.







   7. Luas lahan 40,98 hektar, luas bangunan            18.091 meter persegi
     Tempat ibadah ini setelah selesai akan dapat menampung total 20 ribu jemaah itu dibangun pada lahan seluas 40,98 hektar, sedangkan bangunan utama masjid seluas 18.091 meter persegi. dengan dana pembangunan total diperkirakan Rp507,82 miliar.
     Menurut rancangan, kompleks bangunan akan dilengkapi pelataran, taman, menara, ruang serbaguna, fasilitas komersial, dan bangunan pendukung untuk kegiatan pendidikan.







    8. Dibuka pada 7 Februari 2014
    Mengawali tahun 2014, Pemerintah Turki mengirimkan bantuan karpet permadani untuk mendukung penyelenggaran ibadah seiring kerja sama yang dibangun oleh pemerintah provinsi. Salat Jumat perdana menandai pembukaan Masjid Raya Sumatera Barat untuk salat rutin pada 7 Februari 2014. Masjid dibuka untuk umum dengan frekuensi terbatas, karena belum rampungnya fasilitas listrik dan air bersih. Masjid Raya Sumatera Barat untuk kali petama digunakan sepanjang malam bulan Ramadhan.



Gambar lainnya:

















Foto Anak Daro :

                     













Oke gan, sekian dulu..
Semoga bermanfaat







Informasi Menarik lainnya


1 Response to " 8 Fakta Unik Masjid Raya Sumatera Barat Yang Harus Kamu Ketahui"

  1. Thanks info nya gan atas Berbagi Pengetahuan nya tentang fakta unik masjid raya sumbar

    ReplyDelete

Traffic Control