PERBANDINGAN PEMERINTAHAN CHINA DENGAN NEGARA NEGARA LAINNYA





BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Cina merupakan negara kepulauan yang berbentuk republik yang pemerintahannya dipimpin oleh presiden. Cina mempunyai kekuasaan atas 4 cabang (Yuan) yaitu Yuan Eksekutif, Yuan Perwakilan, Yuan Kehakiman dan Yuan Pengawas. Presiden melantik anggota Yuan Eksekutif sebagai anggota kabinetnya termasuk Perdana Menteri yang bertanggungjawab terhadap polisi dan pengendalian ketertiban.
Badan utama perwakilan merupakan Dewan Perwakilan Rakyat dengan 225 kursi dimana 168 darinya diisi oleh anggota hasil pemilu. Sisanya dibagikan secara proporsional antara keseluruhan yang diterima partai (41 kursi), wilayah seberang lautan 8 kursi) dan kursi khusus penduduk asli Taiwan (8 kursi). Para anggota dewan ini memiliki masa jabatan 3 tahun. Pada awalnya Dewan Konstituante Nasional, sebagai badan konstitusi dan wakil rakyat umumnya, mempunyai sedikit kekuasaan legislatif, akan tetapi dewan ini telah dihapuskan pada tahun 2005 dan kekuasaan untuk merancang konstitusi diserahkan kepada Yuan Perwakilan dan pemilih dari kalangan rakyat.
Cina memiliki beberapa kebijakan lain yang sangat ketat, yaitu memberantas korupsi tanpa kenal ampun. Tahun-tahun belakangan  ini lebih dari 3.000 pejabat Tiongkok telah dihukum karena menerima suap dan berbagai kesalahan lain, sebagian terkait paket stimulus Beijing sebesar 586 miliar dolar. Tindak korupsi itu terjadi antara Oktober 2009 hingga April tahun ini, dengan salah satu kasus terburuk melibatkan seorang pejabat yang menerima suap senilai 3,2 juta dolar, demikian kata Kementerian Pengawasan Cina.
Contoh kebijakan pemerintah Cina yang lain adalah mengembangkan industri informasi dan elektronik yang menguasai pasar dunia yang melejitkan pertumbuhan ekonomi. Pemerintah Cina yang berideologi komunis telah berhasil mengadopsi semangat liberalisasi ekonomi Barat dengan tepat, dengan tetap mempertahankan ideologi politik dan budayanya. Pertumbuhan perusahaan industri dan manufaktur yang luar biasa dengan menyerap modal dari dalam dan luar negeri tidak hanya meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional Cina tapi juga menyerap tenaga kerja yang luar biasa.
Salah satunya adalah industri informasi dan elektronik yang berkembang pesat selama 20 tahun terakhir sejak liberalisasi ekonomi di bawah kebijakan strategis nasional yang mempercepat informatisasi perkembangannya. Pada tahun 2005, sektor informasi dan elektronik Cina mengangkat 16,6% pertumbuhan ekonomi negara dan memberi nilai tambah 7% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana Sejarah Negara China ?
2.      Bagaimana Bentuk Negara China ?
3.      Bagaimana Sistem Pemerintahan Negara China ?
4.      Bagaimana Sistem Politik Negara China ?
5.      Bagaimana Pembagian Kekuasaan Negara China ?
6.      Bagaimana Sistem Kepartaian Negara China ?
7.      Bagaimana Kepemimpinan Presiden Hu Jintao ?
8.      Bagaimana Persamaan dan Perbedaan Negara China dengan Negara Amerika ?

C.    TUJUAN
1.      Untuk Mengetahui Bagaimana Sejarah Negara China ?
2.      Untuk Mengetahui Bagaimana Bentuk Negara China ?
3.      Untuk Mengetahui Bagaimana Sistem Pemerintahan Negara China ?
4.      Untuk Mengetahui Bagaimana Sistem Politik Negara China ?
5.      Untuk Mengetahui Bagaimana Pembagian Kekuasaan Negara China ?
6.      Untuk Mengetahui Bagaimana Sistem Kepartaian Negara China ?
7.      Untuk Mengetahui Bagaimana Kepemimpinan Presiden Hu Jintao ?
8.      Untuk Mengetahui Bagaimana Persamaan dan Perbedaan Negara China dengan Negara Amerika ?





BAB II
PEMBAHASAN
A.    SEJARAH NEGARA CHINA
Sejarah Cina adalah salah satu sejarah kebudayaan tertua di dunia. Dari penemuan arkeologi dan antropologi, daerah Cina telah didiami oleh manusia purba sejak 1,7 juta tahun yang lalu : Peradaban Cina berawal dari berbagai negara kota di sepanjang lembah Sungai Kuning pada zaman Neolitikum. Sejarah tertulis Cina dimulai sejak Dinasti Shang (k. 1750 SM – 1045 SM). Cangkang kura-kura dengan tulisan Cina kuno yang berasal dari Dinasti Shang memiliki penanggalan radiokarbon hingga 1500 SM. Budaya, sastra, dan filsafat Cina berkembang pada zaman Dinasti Zhou (1045 SM hingga 256 SM) yang melanjutkan Dinasti Shang. Dinasti ini merupakan dinasti yang paling lama berkuasa dan pada zaman dinasti inilah tulisan Cina modern mulai berkembang.
            Dinasti Zhou terpecah menjadi beberapa negara kota, yang menciptakan Periode Negara Perang. Pada tahun 221 SM, Qin Shi Huang menyatukan berbagai kerajaan ini dan mendirikan kekaisaran pertama Cina. Pergantian dinasti dalam sejarah Cina telah mengembangkan suatu sistem birokrasi yang memungkinkan Kaisar Cina memiliki kendali langsung terhadap wilayah yang luas.
            Pandangan konvensional terhadap sejarah Cina adalah bahwa Cina merupakan suatu negara yang mengalami pergantian antara periode persatuan dan perpecahan politis yang kadang-kadang dikuasai oleh orang-orang asing, yang sebagian besar terasimilasi ke dalam populasi Suku Han. Pengaruh budaya dan politik dari berbagai wilayah di Asia, yang dibawa oleh gelombang imigrasi, ekspansi, dan asimilasi yang bergantian, menyatu untuk membentuk budaya Cina modern.
1.      Pariwisata menarik di negara China
a)      Tembok Raksasa
10 tempat wisata menakjubkan di China

b)      Kota Terlarang di Beijing
10 tempat wisata terindah di China

c)      Chengde Mountain Resort

10 tempat wisata menarik di China

d)     Huangshan
10 tempat wisata alam di China

e)      West Lake di Hangzhou
10 tempat wisata alam paling Indah di China

f)       Guilin
10 tempat wisata terbaik di China

g)      Kebun Suzhou
10 tempat wisata indah di China

h)      Three Gorges
10 tempat wisata mempesona di China

i)        Taiwan Sun Moon Lake
10 tempat wisata mengagumkan di China

2.      Kuliner Khas China
a)     Beijing Kaoya atau Bebek Peking
Beijing Kaoya
b)      Gongbao Jiding
Gongbao Jiding


B.     BENTUK NEGARA CHINA
Republik Rakyat China adalah sebuah negara komunis yang terdiri dari hampir seluruh kebudayaan, sejarah dan geografis yang dikenal sebagai China.  Sejak didirikan pada tahun 1949, RRC telah dipimpin oleh Partai Komunis China (PKC). Walupun seringkali dilihat sebagai negara yang berhaluan komunis, kebanyakan sektor ekonomi China telah diswastakan sejak tiga dasawarsa yang lalu. Walau bagaimanapun, pemerintah masih mengawasi ekonominya secara politik terutama dengan perusahaan-perusahaan milik pemerintah dan sektor perbankan. Secara politik, China masih tetap menjadi pemerintahan satu partai.
Menurut definisi resminya,  RRC merupakan suatu negara yang berhaluan komunis dan hal itu memang karena China merupakan negara komunis abad ke-20 yang lalu. Secara resmi China masih dikenal sebagai negara komunis, meskipun sejumlah ahli tidak berpandangan bahwa China merupakan negara komunis seutuhnya. Hingga saat ini tidak ada definisi yang tepat yang dapat diberikan kepada jenis pemerintahan yang dilaksanakan oleh China, karena strukturnya tidak dikenal pasti. Salah satu penyebab masalah ini  adalah karena sejarahnya, Cina merupakan negara yang diperintah oleh para kaisar selama 2000 tahun dengan sebuah pemerintahan pusat yang kuat dengan pengaruh Kong Hu Cu. Setelah tahun 1911, Cina diperintah secara otokratis  oleh KMT dan beberapa panglima perang dan setelah 1949 didobrak partai komunis Cina.

C.    SISTEM PEMERINTAHAN NEGARA CHINA

Cina dengan nama lengkap Republik Rakyat Cina (people’s Republic of Cina) merupakan negara terbesar di daratan Asia yang masih bertahan dengan sistem komunis. Dalam bidang politik, Cina menerapkan sistem komunis dengan kontrol yang ketat terhadap warganya. Dalam bidang ekonomi, Cina menerapkan sistem ekonomi pasar. Produk-produk Cina sekarang ini banyak membanjiri pasaran dunia.
Cina adalah negara kesatuan dengan bentuk pemerintahan republik yang menerapkan sistem demokrasi komunis Pemegang kekuasaan selaku kepala negara di Cina adalah presiden, dan kepala pemerintahan adalah perdana menteri Presiden dipilih oleh konggres rakyat nasional dengan masa jabatan 5 tahun dan pada umumnya merangkap sebagai ketua partai Cina adalah negara kesatuan dengan bentuk pemerintahan republik yang menerapkan sistem demokrasi komunis Pemegang kekuasaan selaku kepala negara di Cina adalah presiden, dan kepala pemerintahan adalah perdana menteri Presiden dipilih oleh konggres rakyat nasional dengan masa jabatan 5 tahun dan pada umumnya merangkap sebagai ketua partai.
Cina menerapkan sistem unikameral, yaitu kongres rakyat nasional. Badan ini memiliki kekuasaan penting di Cina dengan anggotanya dari orang-orang partai komunis yang merupakan perwakilan dari wilayah, daerah, kota, dan provinsi. Masa jabatan anggota adalah 5 tahun Lembaga negara tertinggi adalah kongres rakyat nasional sebagai lembaga legislatif Kekuasaan yudikatif dijalankan secara bertingkat dan kaku oleh pengadilan rakyat dibawah pimpinan mahkamah agung Cina Pemerintahan di Cina berlangsung secara otoriter, dimana penguasa memiliki kewenangan yang sangat luas dalam jalannya pemerintahan Cina menerapkan sistem unikameral, yaitu kongres rakyat nasional. Badan ini memiliki kekuasaan penting di Cina dengan anggotanya dari orang-orang partai komunis yang merupakan perwakilan dari wilayah, daerah, kota, dan provinsi. Masa jabatan anggota adalah 5 tahun Lembaga negara tertinggi adalah kongres rakyat nasional sebagai lembaga legislatif Kekuasaan yudikatif dijalankan secara bertingkat dan kaku oleh pengadilan rakyat dibawah pimpinan mahkamah agung Cina Pemerintahan di Cina berlangsung secara otoriter, dimana penguasa memiliki kewenangan yang sangat luas dalam jalannya pemerintahan
Pokok-pokok sistem pemerintahan di Cina :
a.       Bentuk negara adalah kesatuan yang terdiri atas 23 provinsi.
b.      Bentuk pemerintah adalah republik dengan sistem demokrasi komunis.
c.       Kepala negara adalah presiden, sedangkan kepala pemerintahan adalah perdana menteri. Presiden dipilih oleh Kongres Rakyat Nasional untuk masa jabatan 5 tahun (biasanya merangkap sebagai Ketua Partai). Sedangkan untuk jabatan Perdana Menteri (Sekretaris Jenderal Partai) diusulkan oleh presiden dengan persetujuan Kongres Rakyat Nasional.
d.      Menggunakan sistem unikameral, yaitu Kongres Rakyat Nasional (National People’s Congress or Quanguo Renmin Daibiao Dahui) dengan jumlah 2.979 orang. Anggotanya merupakan perwakilan dari wilayah, daerah, kota dan provinsi untuk masa jabatan 5 tahun. Badan ini memiliki kekuasaan penting di Cina dengan anggotanya dari orang-orang partai komunis.
e.       Lembaga negara tertinggi adalah Kongres Rakyat Nasional yang bertindak sebagai badan legislatif (biasanya didominasi oleh partai komunis Cina).
f.       Kekuasaan yudikatif (Badan kehakiman) terdiri atas Supreme People’s Court, Local People’s Courts dan Special People’s Courts. Kekuasaan yudikatif di jalankan secara bertingkat kaku oleh Pengadilan Rakyat di bawah pimpinan Mahkamah Agung Cina.

D.    SISTEM POLITIK NEGARA CHINA
Republik Rakyat Cina berdiri tahun 1949 setelah menumbangkan dinasti Cing yang berusia ratusan tahun. Tetapi barusan secara konstitusi Cina ditetapkan dalam Kongres Rakyat Nasional yang menyebutkan antara lain bahwa demokrasi rakyat di pimpin oleh kelas pekerja dalam hal ini dikelola oleh Partai Komunis Cina sebagai inti kepemimpinan pemerintah.
Dalam kuasa eksekutif, jabatan kepala negara dihapuskan maka orang pertama dalam kepemimpinan Partai Komunis Cina yang menggantikan jabatan ini yaitu ketua Partai itu sendiri, sedangkan Sekretaris Jenderal partai merupakan penyelenggara pemerintahan tertinggi setingkat Perdana Menteri. Kekuasaan legislatif dipegang oleh Kongres Rakyat Nasional yang didominasi oleh Partai Komunis Cina. Kekuasaan yudikatif dijalankan secara bertingkat oleh pengadilan rakyat dibawah pimpinan Mahkamah Agung Cina. Pengadilan rakyat bertanggung jawab kepada Kongres Rakyat di setiap tingkatan, namun karena perwakilan rakyat tersebut didominasi oleh Partai Komunis Cina maka demokrasi masih sulit terwujud meskipun usaha perubahan dilakukan terus-menerus dalam reformasi yang dicanangkan dalam rangka menghadapi era globalisasi.

E.     PEMBAGIAN KEKUASAAN NEGARA CHINA

1.      Parlemen sebagai lembaga Legislatif, terdiri dari 2 tingkat : pusat ( Nasional) dan daerah (Propinsi). Parlemen Pusat (Konggres Rakyat Nasional) merupakan lembaga tertinggi negara, beranggotakan 3000 orang, dipilih setiap 5 tahun sekali dari perwakilan propinsi, daerah otonom dan Tentara Merah. Tugas Parlemen adalah : - membuat Undang-undang - merancang ekonomi dan anggaran pendapatan serta belanja negara - memilih, mengangkat dan memberhentikan Kepala Negara (Presiden) dan Kepala Pemerintahan (Perdana Menteri) Tugas sehari-hari parlemen dilaksanakan oleh sebuah Standing Commitee Parlemen sebagai lembaga Legislatif, terdiri dari 2 tingkat : pusat ( Nasional) dan daerah (Propinsi). Parlemen Pusat (Konggres Rakyat Nasional) merupakan lembaga tertinggi negara, beranggotakan 3000 orang, dipilih setiap 5 tahun sekali dari perwakilan propinsi, daerah otonom dan Tentara Merah. Tugas Parlemen adalah : - membuat Undang-undang - merancang ekonomi dan anggaran pendapatan serta belanja negara - memilih, mengangkat dan memberhentikan Kepala Negara (Presiden) dan Kepala Pemerintahan (Perdana Menteri) Tugas sehari-hari parlemen dilaksanakan oleh sebuah Standing Commitee.

2.      Lembaga Eksekutif terdiri : Presiden dan Dewan Negara Presiden adalah Kepala Negara, merupakan simbol penting kesatuan negara, biasanya menjadi pembesar dalam berbagai upacara kenegaraan. Setiap 5 th sekali Presiden dipilih oleh Konggres Rakyat Nasional. Dewan Negara merupakan pelaksana pemerintahan, terdiri dari 40 menteri yang dipimpin dan dinominasikan oleh Perdana Menteri, dengan masa jabatan 5 tahun Lembaga Eksekutif terdiri : Presiden dan Dewan Negara Presiden adalah Kepala Negara, merupakan simbol penting kesatuan negara, biasanya menjadi pembesar dalam berbagai upacara kenegaraan. Setiap 5 th sekali Presiden dipilih oleh Konggres Rakyat Nasional. Dewan Negara merupakan pelaksana pemerintahan, terdiri dari 40 menteri yang dipimpin dan dinominasikan oleh Perdana Menteri, dengan masa jabatan 5 tahun.


3.      Lembaga yudikatif terdiri 4 komponen, yaitu : 1. Lembaga Pengadilan 2. Lembaga Keamanan Administrasi Publik atau Kepolisian 3. Lembaga Kejaksaan 4. Lembaga Tahanan / Penjara. Pengadilan Tinggi Rakyat merupakan badan peradilan tertinggi di China yang berada dibawah naungan Standing Committee dari Konggres Rakyat China. Sedangkan lembaga kejaksaan dan pengacara berada ditingkat propinsi. Lembaga yudikatif terdiri 4 komponen, yaitu : 1. Lembaga Pengadilan 2. Lembaga Keamanan Administrasi Publik atau Kepolisian 3. Lembaga Kejaksaan 4. Lembaga Tahanan / Penjara. Pengadilan Tinggi Rakyat merupakan badan peradilan tertinggi di China yang berada dibawah naungan Standing Committee dari Konggres Rakyat China. Sedangkan lembaga kejaksaan dan pengacara berada ditingkat propinsi.

F.     SISTEM KEPARTAIAN NEGARA CHINA
RRC menganut sistem multi partai, terdiri : 1.Partai Komunis China, merupakan partai terbesar dan penguasa. Dua per tiga anggotanya terdiri dari kaum buruh dan tani. 2.Partai Non-Komunis yang berjumlah 8 partai, yaitu : - Partai Petani dan Pekerja- Partai Konstruksi Demokrasi - Liga Demokrasi China- Persatuan Dagang dan Industri - Partai Zhi Gong Dang- Partai Demokrasi Taiwan - Partai Sosial Jiusan- Komite Revolusi Guo Mindang Partai-partai non- Komunis tsb. pengaruhnya kecil dalam pemerintahan. Aktivitas mereka diawasi secara ketat oleh komite sentral Partai Komunis China.
Partai Komunis Cina membuat partai politik terbesar di dunia. Garis organisasi yang ketat membantu menjelaskan mengapa partai ini tetap bercokol hingga kini.
Partai mengawasi dan mempengaruhi banyak aspek kehidupan masyarakat - apa yang mereka pelajari di sekolah dan tonton di TV, pekerjaan, dan perumahan, bahkan hingga jumlah anak yang diizinkan.
Kelompok elite yang sebagian besar terdiri dari pejabat pemerintah, perwira militer, dan publik figur. Pebisnis kini juga diundang untuk bergabung dalam jajaran petinggi partai.
Bergabung dengan partai membawa hak istimewa yang signifikan, yang menjelaskan mengapa keanggotaan terus meningkat. Anggota mendapatkan akses pada informasi yang lebih baik, anak-anak mereka bersekolah lebih baik, dan banyak pekerjaan yang hanya terbuka untuk anggota.
Paling signifikan di Cina, di mana hubungan pribadi sering lebih penting daripada kemampuan, anggota mendapatkan akses pada jaringan dengan para pembuat keputusan yang mempengaruhi karir, hidup, atau bisnis mereka.
Untuk bergabung, pemohon memerlukan dukungan anggota yang ada dan untuk menjalani pemeriksaan lengkap dan pemeriksaan oleh cabang partai lokal mereka. Mereka kemudian menghadapi masa percobaan satu tahun, dengan aktif dilakukan penilaian dan pelatihan.
Partai ini memiliki struktur piramida bertumpu pada jutaan organisasi partai tingkat lokal di seluruh negerihingga badan pembuat keputusan tertinggi di Beijing.
Secara teori, puncak piramida adalah Kongres Nasional Partai, yang diselenggarakan setiap lima tahun sekali. Sebanyak 2.000 delegasi perwakilan partai dari seluruh negeri hadir.
Fungsi utama kongres adalah untuk "memilih" komite sentral sekitar 200 anggota penuh dan 150 anggota alternatif, meskipun pada kenyataannya hampir semua orang-orang ini disetujui.
Pada gilirannya, tugas utama komite sentral adalah untuk memilih politbiro.
Elite Partai Komunis Cina menggelar kongres yang dibuka pada Kamis (8/11/2012) oleh Presiden Hu Jiantao
Elite Partai Komunis Cina menggelar kongres yang dibuka pada Kamis (8/11/2012) oleh Presiden Hu Jiantao

G.    KEPEMIMPINAN PRESIDEN HU JINTAO
Seperti dilansir dari laman kompas.com, dilihat dari sisi politik dan hak asasi manusia, China adalah salah satu borok dunia. Namun, lihatlah sisi ekonomi China, setidaknya dalam 10 tahun terakhir ini, saat Hu Jintao menjadi presiden, kinerja ekonomi China amat luar biasa.
Walau ada tugas yang tidak terwujud, seperti perombakan sistem politik yang tetap kaku, pencemaran lingkungan, keresahan sosial, Hu sukses besar soal pembangunan ekonomi.
Media utama di China menyebut era kepemimpinan Hu sebagai era kebesaran. Besaran ekonomi China, yang pada tahun 2002 hanya sedikit lebih besar dari Italia, kini menjadi kekuatan ekonomi nomor dua di dunia setelah AS.
Di bawah Hu, China meraih respek dunia, seperti pelaksanaan Olimpiade Beijing 2008. Media AS, seperti CBS dan Fox News, turut menyajikan sukses Hu dari sisi ekonomi.
Deng Yuwen, seorang editor di harian milik pemerintah, mengatakan, ada masalah yang juga muncul. Akan tetapi, Hu telah menyetujui penunjukan Xi Jinping, seorang reformis, yang siap melajutkan tugas yang tidak tertuntaskan.
Joseph Fewsmith, pakar soal China dari Universitas Boston, mengatakan, China belum akan menjadi negara demokrasi. Banyak hal masih akan dikontrol negara. Akan tetapi, Hu relatif berhasil dengan motonya bertema masyarakat yang harmonis.
Tidak ada pemimpin dan negara sempurna di dunia. Namun, Hu Jintao telah memenuhi keinginan banyak warga, setidaknya untuk terbebas dari kemiskinan absolut yang selama puluhan tahun menjadi warna utama China.
Selain masalah ekonomi yang dipaparkan di atas, Presiden China Hu Jintao juga tidak main-main dalam pemberantasan korupsi di negaranya. Saat terpilih, dia bersedia menyiapkan 1.000 peti mati untuk para koruptor dan satu peti mati buat dirinya jika terbukti melakukan korupsi. Sebuah janji sangat berani sebab Negeri Tirai Bambu ini memang menjatuhkan hukuman mati pada pelaku korupsi. Jintao mengatakan, perang melawan korupsi perjuangan panjang, rumit, dan susah. Praktek korupsi hampir terjadi di seluruh tingkatan birokrasi China. Untuk memberantas rasuah dibutuhkan niat kuat dan keteguhan hati.

H.    PERSAMAAN DAN PERBEDAAN NEGARA CHINA DENGAN NEGARA AMERIKA

Negara Amerika
Negara China
Persamaan
1. Bentuk pemerintahannya adalah Revublik dan peresidensial.
1. Bentuk pemerintahahannya adalah Republik danperesidensial.
Perbedaan




1. pemerintahan AS adalah Demokrasi dan Republik.
2. Sistem politik Amerika menganut Sistem Bikameral (dua Kamar), yaitu DPR dan Senat.
3. Bentuk negara Amerika Serikat adalah republik federal konstitusional yang terdiri atas lima puluh negara bagian dan sebuah distrik federa.
1. Pemerintahan Cina adalah Komunis dan Sosialis.
2. sistem politik cina menganut sistem kekaisaran.
3. bentuk negara cina adalah komunis yang terdiri dari hampir seluruh wilayah kebudayaan.














BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Republik Rakyat China, lebih dikenali dengan nama China sahaja, ialah sebuah negara di Asia Timur yang merupakan negara paling ramai penduduknya di dunia dengan diduduki lebih 1,300 juta orang, yaitu kira-kira satu perlima manusia di bumi.
Cina merupakan negara terbesar di daratan Asia yang masih bertahan dengan sistem komunis. Dalam bidang politik, Cina menerapkan sistem komunis dengan kontrol yang ketat terhadap warganya. Dalam bidang ekonomi, Cina menerapkan sistem ekonomi pasar. Produk-produk Cina sekarang ini banyak membanjiri pasaran dunia.
Republik Rakyal Cina berdiri tahun 1949 setelah menumbangkan dinasti Cing yang berusia ratusan tahun. Tetapi barusan secara konstitusi cina ditetapkan dalam congress rakyat nasional, yang menyebutkan antra lain bahwa demokrasi rakyat di pimpin oleh kelas pekerja dalam hal ini dikelola oleh Partai Komunis Cina sebagai inti kepemimpinan pemerintah.
Dalam kuasa eksekutif, jabatan kepala negara dihapuskan maka orang pertama dalam kepemimpinan Partai Komunis Cina yang menggantikan jabatan ini yaitu ketua Partai itu sendiri, sedangkan Sekretaris Jenderal partai merupakan penyelenggara pemerintahan tertinggi setingkat Perdana Menteri. Kekuasaan legislatif dipegang oleh kongres rakyat nasional-yang didominasi oleh Partai Komunis Cina. Kekuasaan yudikatif dijalankan secara bertingkat oleh pengadilan rakyat dibawah pimpinan Mahkamah Agung Cina. Pengadilan rakyat bertanggung jawab kepada kongres rakyat di setiap tingkatan, namun karena perwakilan rakyat tersebut didominasi oleh Partai Komunis Cina maka demokrasi masih sulit terwujud meskipun usaha perubahan dilakukan terus-menerus dalam reformasi yang dicanangkan dalam rangka menghadapi era globalisasi.

B.     SARAN
Demikianlah makalah ini penulis buat, penulis menyadari bahwa penulisan makalah ini jauh dari sempurna, kritik dan saran yang membangun penulisan makalah selanjutnya untuk jauh lebih baik sangat penulis harapkan. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Dan pada akhirnya penulis mengucapakan terima kasih untuk dosen pengampu mata kuliah Perbandingan Pemerintah Dra. Al Rafni, M.Si.yang telah memberi kesempatan kepada penulis untuk menguraikan materi ini.

C.    DAFTAR PUSTAKA
http://aguzssudrazat.blogspot.co.id/2012/01/makalah-perbandingan-antara-negara.html
http://internasional.republika.co.id/berita/internasional/global/12/11/09/md7kne-begini-hierarki-dalam-partai-komunis-cina

0 Response to "PERBANDINGAN PEMERINTAHAN CHINA DENGAN NEGARA NEGARA LAINNYA"

Post a Comment

Traffic Control