TRANSKRIP MICRO TEACHING PPKN MATERI DEMOKASI DAN TIPS SUPER







hai may brad my sist..
selamat datang kembali, kali ini ane mau share transkrip micro teaching yang udah ane tampilkan di matakuliah tsb.
perlu di ingat, sebagai seorang guru yang baik, agan dan ganwati perlu pengalaman. kalo isi transkrip ente keren karna cuma untuk nyenengin dosen yang baca, ente akan kewalahan di saat praktek micingnya..
ane sebagai seorang yang udah ngalamin ujian micing pada awalnya juga gugup. takut gak sesuai transkrip yang ane buat dan akan kegugupan tersebut mengharuskan ane maju ke ujian susulan, dan alhamdulillah lulus dengan predikat bisa maju ke sesi PPL.

sebelum ke transkrip yang ane buat. ane pengen bagi dulu tips-tips ujian micro teaching. INGAT! ini cuma tips untuk ujian micro teaching.

tips-tips cekibrot:
Sebelum Tampil 
1.      RENCANA
ente harus susun rencana dulu, apaapa aja yg mau dilakuin. semacam rundown acara gitu  uakecil. kenapa harus ada notes.? Biar terarah dan ente gak loncat2 kebawa suasana celetukan ngehek yg ente ajarin.

2.      UPDATE
Tentu ada isu atau berita yang sedang hangat saat ini. Ente siapin aja untuk mukadimah bincang-bicang sebelum masuk ke materi. BASA BASI

3.      MATERI
ente harus kuasai materi yang ditampilin. Bagus kalo bisa hapal. Tapi kalo gak bisa, ya pahami aja, ntar di penampilan pake bahasa sendiri aja ngejelasinnya. Pokoknya PAHAM MATERI yang ente bawa.agan juga bisa pake power point. ini sangat membantu kalo kelupaan materi.

4.      KERJASAMA
Ente ajak temen-temen mahasiswa kelas ente untuk kerjasama, yah sekedar bagi-bagi tugas, siapa yang jawab ini jawab itu. Ntar pertanyaan apa yg akan ditanyain. Biar suasana kelas terkesan gak spontan.

Saat Tampil
1.      Sebelum tampil dan  masuk kelas Masuk kelas. Ente harus rilex. Gugup wajar, tapi jangan sampai kegugupan itu bikin ente blank.. RILEX..
2.      Masuk kelas ucapin salam. Melangkah teggap santai ke meja guru yg disediain.
3.      Udah dimeja guru. Ente speak-speak dikit, “perkenalan” “say hay” “apa kabar” “udah makan” “tolong rapikan meja” “bersihkan papan tulis” “tolong pimpin do’a”  “siapa yang gak hadir” “absen” blabla
4.      Gak harus masuk ke materi langsung. Ente bincang-bincang terkait isu yang sedang hot saat ini. Nah ente kaitkan ke materi, ente jelasin dulu ngapain belajar ini, manfaatnya apa gitu.
5.      Nah mulailah eksekusi materi sesui dengan RPP agan. Bagi kelompok, analisis video, analisis gambar. Presentasi kelompok.
6.      Dijeda waktu anak-anak ente nganalisis itu. Ente puterin meja nya sambil bantu mreka.
7.      Jangan panik ketika mulai keluar dari rundown di rencana ente. Ente bisa narik kembali ke benang merah rencana kok.
8.      Ketika ente pengen nanya siswanya, jangan ditunjuki pake telunjuk, atau pake tangan kiri. Gak sopan. Ente sebutin nama orang yang pengen ditanya (orang yg udah ente siapin di sesi kerja sama) atau orang lain boleh, tapi usahain cari yang cakap sekiranya dia bisa ngejawab. Kasih waktu dia mikir.
9.      Dan ketika ente ditanya, dan manusia laknat ini nanya nya yang aneh-aneh. Jangan panik. Ente jawab aja sepaham ente. Nanti di lempar ke siswa yg ente ajarin. “tanya gimana pendapatnya”
10.  Kalo udah masuk menit-menit akhir, jangan lupa untuk ngasih quis skedar review materi ke beberapa orang. Kalo sudah ente simpulin sesuai materi yg udah ente bawa.
11.  Ente bikin komitmen dengan anak-anak ente. “Dengan materi ini maka kita harus blablabla, jangan sampai blablabla. Janji semua?”
12.  Ente kasih tugas aja.
13.  Tutup, jangan lupa alhamdulillah
Sesudah Tampil
1.      Bersyukur
2.      Tanya kesalahan, atau kekurangan tadi ke temen biar bisa di perbaiki













1)        persiapan pembelajaran
Guru                : (guru memasuki kelas ) “AssalamuaikumWr. Wb”
Siswa               :“Wa’alaikumsalamWr. Wb” (siswa menjawab dengan serempak).
Guru                : selamat pagi anak-anak.
Siswa               : selamat pagi pak.
Guru                : mejanya belum rapi,  ayo rapikan dulu agar nyaman dan enak dipandang.                                      (kerapian kelas)
Siswa               : siap pak!
Guru                : bagaimana kabar kalian hari ini? (suara bersemangat)                                                         
Siswa               : Baik pak.
Guru                : kalau keadaan kita baik dan sehat, maka harusnya kita mengucapkan apa anak-anak?                               Alhamdu (guru bertanya secara singkat dengan gerakan badan dan mimik guru yang                                  ceria)
Siswa               : alhamdulillah.... ( serempak )
Guru                : hebat semuanya. (guru tersenyum dan mengacungkan Jempol kearah semua anak )                                   Anak-anak sudah berdoa belum?
Siswa               : belum Pak.
Guru                : kalau begitu, sebelum belajar kita berdo’a terlebih dahulu, Siapa diantara kalian yang                               bersedia memimpin do’a? (Do’a)
Siswa               : Saya Pak. ( jawab Deno)
Guru                : Baik, silakan Deno memimpin do’a. ( kemudian guru duduk )                                           
(guru  dan siswa berdo’a bersama-sama)
Guru                : terimakasih Deno yang sudah bersedia memimpin doa. (guru mendekati Deno)                                         Semoga dengan berdoa tadi, pembelajaran kita hari ini berjalan dengan baik.
Anak-anak siapa hari ini yang tidak hadir? (Absen)
Siswa               : hadir semua pak.!
Guru                : Alhamdulillah, (guru tersenyum) siswa bapak lengkap semuanya. kalian memang anak                             anak bapak yang rajin sama seperti bapak seusia kalian.
2) Pembuka
Guru                : Kemaren bapak ikut nontong bareng moto gp di warung dekat rumah. Sewaktu jalannya balap banyak yang teriak hesteris mendukung  jagoannya. Ketika rossi jatuh di tikungan kesekian, penonton mulai adu  analisis dan tidak banyak yg mengeluarkan keritikan pedas. Begitu juga ketika lorrenzo jatuh di lap ke-5. Tapi ketika balapan usai semuanya damai dan bercanda gurau seperti tidak terjadi apa-apa sebelumnya. Dari itu bapak bisa bapak tanggapi bahwa orang-orang di sana bebas mengeluarkan pendapatnya walaupun sedikit berselisih. Tetapi tetap menjunjung tinggi kedamaian. Hahaha (Apersepsi)
Sekarang siapkan perlengkapan belajar kalian. ( guru memberikan waktu untuk anak).                    Sudah?
Sisiwa              : Sudah pak!
Guru                : Siap untuk belajar! (dengan wajah ceria dan suara yang lantang)                                                    (keterampilan variasi suara)
Siswa               : Siap Pak! (serempak)
Guru                :Baik…sekarang perhatikan Bapak ! ( pemusatan perhatian)
Materi kali iini adalah tentang demokrasi, demokrasi menurut abraham lincoln demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Dikelas ini, bagaimana proses pemilihan perangkat kelas? Oh ya, ketua nya siapa.? (menjemput pengalaman)
Siswa               : saya pak! (jawab maulana)
Guru                : bagaimana prosesnya.? Ditunjuk wali kelas voting atau rapat.?
Siswa               : awalnya rapat dipimpin wali kelas, karena tidak ada yang mau jadi Voting pak
Guru                : nah itu merupakan pelaksanaan dari demokrasi, yang awalnya kalian rapat atau kata lain musyawarah, mencari dan menyesuaikan siapa yang layak menjadi ketua kelas. Tetapi karena beberapa keterbatasan jadi dibentuk lah Voting.
Guru                : tujuan dari materi pembelajaran ini adalah agar kita dapat mengerti tentang konsep demokrasi dan bagaimana penerapan demokrasi di kehidupan. (Tujuan pembelajaran)
2) Kegiatan inti
Guru                : nah anak-anak, bapak memiliki video.  (keterampilan memberikan acuan).  Coba                           perhatikan! ( guru memutarkan video ).         
Nah sekarang, dari video tersebut. Bagaimana bentuk partisipasi masyarakat yang baik dalam demokrasi.? (keterampilan bertanya dasar)
Siswa               :Saya Pak....( jawab Sandra).
Guru                : silakan Sandra....
Siswa               : Baik Pak....
 Guru               : tolong kalian dengarkan baik-baik apa yang Sandra katakan.
Siswa               : siap pak ( jawab siswa serempak)
Guru                :terimakasih Sandra karena sudah bersedia menyampaikan pendapatnya. ( guru                                          tersenyum kearah Sandra )
Guru                : siapa lagi yang dapat memberikan tanggapannya.? (keterampilan pemindahan giliran)
Guru                : Coba Ina.
Siswa               :
Guru                : Ya betul sekali Ina. (keterampilan penguatan verbal  )
Kita telah mengetahui bahwa demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Kemudian, dikeluarga bagaimanakah bentuk demokrasi yang baik.? (keterampilan bertanya dasar)
Siswa               : (diam)
Guru                : apakah kita harus demo juga dalam keluarga jika tidak mendapat hal yang diinginkan.? Atau merajuk di tepian kamar sampai orang tua menanyakan.? Yap egi silahkan
Siswa               : kalo saya biasanya ngobrol dulu dg orang tua pak, basa basi. Terus keluarkan jurus lobi lobi tentang kelebihan hal yang saya inginkan tersebut.
Guru                : wah keren, ternyata egi hebat juga dalam melobi ya
                        Bapak mempunyai pengalaman, pengalaman ini dari teman bapak. Sewaktu seusia kalian dia membutuhkan transportasi ke sekolah karena jarak dari rumah kesekolah cukup jauh. Dia meminta dibelikan motor kepada orang tua nya. Segala teknik lobi telah dikeluarkan. Tapi, orang tuanya memberi pilihan. Kalo memilih motor dia tidak ikut liburan. Nah, pada akhirnya dia memilih untuk ikut liburan. Ternyata liburan keluarganyaa itu ke kebun kakek mereka. Sedikit kecewa, tapi di akhir liburan ternyata dia menjual hasil kebun itu dan membelikan beberapa hal yang dia inginkan.
Sekarang, bapak akan membagikan kelompok untuk materi pembelajaran ini. Tolong yang sudah mendapat kelompok  segera merapat agar bapak dapat menerangkan materi masing masing kelompok. (Prosedur Pembelajaran)
Siswa               : Baik pak...( keterampilan variasi kesenyapan)
-
Guru                :  Sudah selesai mengerjakannya anak-anak?
Siswa               : Sudah pak....
Guru                : kelompok mana yang bersedia membacakan hasil diskusinya?( pemberian waktu berfikir)
Siswa               : kami pak.... (jawab sri rahayu)

1)   Penutup
Guru                : Anak-anak tadi kita telah belajar tentang apa? (pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat) (sambil berjalan di antara siswa) ( variasi pindah posisi)
Siswa               : Tentang Demokrasi pak.
Guru                :  Iya, benar sekali (Sambil tersenyum) . (penguatan mimic dan gerakan badan)
Nah, bapak mempunyai sebuah gambar (memperlihatkan gambar dan menjelaskan kondisi gambar). (Tes Kecil)
Apa pendapat kalian tentang gambar ini.? Iya silahkan joni
Siswa               : demokrasi itu milik semua kalangan pak.
Guru                : mantap jon. Dari pembelajaran ini, demokrasi itu adalah pemerintahan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat, tetapi bukan hanya merupakan pemerintahan saja tetapi juga tentang budaya, tingkah laku, bagaimana sikap kita untuk menjunjung tinggi persatuan. (kesimpulan bersama)
                        Maka dari itu, mari kita hormati pendapat orang lain dan jangan marah ketika ananda di kritik. Karena kritik tersebutlah yang akan membangun kita kedepannya (Komitmen)
                        Nah, untuk tugas kalian. Tolong kerjakan lks halaman sekian. (Tugas untuk materi selanjutnya)
Karena waktu sudah habis bapak akhiri pelajaran kita hari ini. WassalamualaikunWr. Wb
Siswa               :  WaalaikumsalamWr. Wb.


dengan  skrip segitu ane bisa tampil 1 jam pelajran (45menit), ane ngulur waktunya dengan bahas isu moto gp sama aksi damai 411, 212. ane tanya tanggapan mereka atu2. bagi kelompok.

oke sekian, nanti ane edit lagi.
semoga barokah mabro n masist

0 Response to "TRANSKRIP MICRO TEACHING PPKN MATERI DEMOKASI DAN TIPS SUPER"

Post a Comment

Traffic Control